Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 23 Rambatan

Monica Wulandari (1), Arisma Nurima (2), Putri Yanti (3)
(1) STKIP PGRI Sumbar, Indonesia,
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia,
(3) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 23 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokimentasi. Deskripsi hasil penelitian yaitu aspek siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan yaitu tidak lancar dalam membaca, banyak kesalahan ketika membaca, sulit membedakan huruf yang mirip, memiliki kekurangan dalam memori visual, dan tidak mampu memahami simbol bunyi. Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa yaitu: kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, mengeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, kurang memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek kesulitan belajar membaca permulaan yaitu siswa belum mampu menganalisis huruf, siswa belum mampu mengenali huruf atau kata secara global, siswa mengganggap bahwa huruf atau kata yang dihilangkan tidak diperlukan, siswa belum memahami kaitan antara huruf dan bunyi pada kata meliputi pengetahuan tentang semua huruf (konsonan, vocal, konsonan ganda, bunyi mati, bunyi sempurna, dan sebagainya), dan kekurangan dalam mengenal huruf, bunyi bahasa(fonik) dan bentuk kata.

Full text article

Generated from XML file

References

Aida, S., Nasirun, M., & Suprafti, A. (2018). Meningkatkan keterampilan membaca awal melalui metode struktural analitik sintetik. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 111-118.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.

Masykuri, M. (2019). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap tahun 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Panjaitan, C. J., & Hasanah, U. (2018, September). Meminimalisir kesulitan membaca dengan metode reading aloud pada siswa min 1 langsa. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 547-552).

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.

Rahmadi, R. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.

Sarkiyah, S. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasa Ibtidaiyah Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39-50.

Authors

Monica Wulandari
monicawulandari@gmail.com (Primary Contact)
Arisma Nurima
Putri Yanti
Wulandari, M., Nurima, A., & Yanti, P. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 23 Rambatan . BHASWARA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 33–43. Retrieved from https://journal.bestscholar.id/bhaswara/article/view/45

Article Details