Abstract
Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar diarahkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dengan benar. Pembelajaran apresiasi sastra pada dasarnya merupakan upaya untuk menanamkan siswa agar peka terhadap rasa literatur. Seharusnya mengajarkan apresiasi sastra disajikan kepada guru mahasiswa mampu mengubah sikap siswa yang tidak peduli untuk lebih bersimpati pada sastra. Pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar dilakukan melalui belajar bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan membaca siswa kelas rendah dan kelas tinggi di SDN 31 Selayo Kec.Kubung Kab.Solok sumatera Barat Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa. Hal ini disebabkan karena anak didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam kehidupan. Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif dan kritis. Dan ditemukan pula fakta dilapangan pada kelas tingkat atas sekolah dasar yang belum bisa membaca dan kurang lancar membaca
Full text article
References
Abidin, Y., Mulyati, Y., & Hana, Y. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan multimedia dan animasi interaktif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Instruksional. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6264
Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Fatriani, A. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/25087
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hermawan, D. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 11–20.
Lubis, S. S. W. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3324
Nurhadi. (2015). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Sinar Baru Algesindo.
Ratmiati, R., & Fathia, W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Peserta didik Kelas I Sekolah Dasar di Batusangkar. El-Ibtidaiy (Journal of Primary Education), 6(1), 98–109. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22259
Ratmiati, R., & Setiawan, E. M. (2025). Analisis Kemampuan Efektif Membaca (KEM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Mahmud Yunus Batusangkar. FONDATIA, 9(1), 86–100. https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5614
Ristianti, D. H. (2022). Keterampilan Mahasiswa Membaca Bahan Perkuliahan di Era Digital. Attractive : Innovative Education Journal, 4(3), 292–298. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v4i3.509
Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2017). Penerapan media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. International Journal of …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11433
Susanti, A. (2015). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto (Doctoral dissertation …. media.neliti.com. https://media.neliti.com/media/publications/253991-none-7afaf691.doc
Authors
Copyright (c) 2025 Eko Muda Setiawan, Cici Intan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.