Keterampilan Membaca MI/SD Melalui Kegiatan Membaca Sastra di SDN 31 Salayo

Eko Muda Setiawan (1), Cici Intan (2)
(1) SDIT Al-Fityan, Indonesia,
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

Abstract

Pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar diarahkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dengan benar. Pembelajaran apresiasi sastra pada dasarnya merupakan upaya untuk menanamkan siswa agar peka terhadap rasa literatur. Seharusnya mengajarkan apresiasi sastra disajikan kepada guru mahasiswa mampu mengubah sikap siswa yang tidak peduli untuk lebih bersimpati pada sastra. Pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar dilakukan melalui belajar bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan membaca siswa kelas rendah dan kelas tinggi di SDN 31 Selayo Kec.Kubung Kab.Solok sumatera Barat Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa. Hal ini disebabkan karena anak didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam kehidupan. Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif dan kritis. Dan ditemukan pula fakta dilapangan pada kelas tingkat atas sekolah dasar yang belum bisa membaca dan kurang lancar membaca

Full text article

Generated from XML file

References

Abidin, Y., Mulyati, Y., & Hana, Y. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan multimedia dan animasi interaktif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Instruksional. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6264

Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Fatriani, A. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/25087

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hermawan, D. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 11–20.

Lubis, S. S. W. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3324

Nurhadi. (2015). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Sinar Baru Algesindo.

Ratmiati, R., & Fathia, W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Peserta didik Kelas I Sekolah Dasar di Batusangkar. El-Ibtidaiy (Journal of Primary Education), 6(1), 98–109. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22259

Ratmiati, R., & Setiawan, E. M. (2025). Analisis Kemampuan Efektif Membaca (KEM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Mahmud Yunus Batusangkar. FONDATIA, 9(1), 86–100. https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5614

Ristianti, D. H. (2022). Keterampilan Mahasiswa Membaca Bahan Perkuliahan di Era Digital. Attractive : Innovative Education Journal, 4(3), 292–298. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v4i3.509

Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2017). Penerapan media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. International Journal of …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11433

Susanti, A. (2015). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto (Doctoral dissertation …. media.neliti.com. https://media.neliti.com/media/publications/253991-none-7afaf691.doc

Authors

Eko Muda Setiawan
ekomudasetiawan93@gmai.com (Primary Contact)
Cici Intan
Setiawan, E. M., & Intan, C. . (2025). Keterampilan Membaca MI/SD Melalui Kegiatan Membaca Sastra di SDN 31 Salayo . BHASWARA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). Retrieved from https://journal.bestscholar.id/bhaswara/article/view/44

Article Details