Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II SDN Batipuh
Abstract
Berbicara merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengungkapkan atau mengekspresikan ide, pikiran yang ada dalam diri dan melibatkan orang lain. Sedangkan keterampilan berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai oleh siswa.Maka sebab itu keterampilan MI/SD sanggat diperlukan karena peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus melakukan interaksi terhadap guru dan temannya.Media sanggat perlu dilaksanakan disekolah yaitu media berkomunisakasi yang dimana berkomunikasi dengan teman dan guru merupakan suatu kegiatan yang sangat perlu dalam kegiatan pembelajaran.Pada peneliti kali ini bertujuan untuk dasar berbicara terhadap peserta didik di SDN 18 Sungai Tarab dalam bertujuan untuk melakukan keterampilan berbicara yang baik yang dimana bentuk tindak tutur yang berupa bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap dan disertai dengan gerak gerik tubuh dan ekspresi raut wajah.Keterampilan berbicara dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan guru,teman,keluarga,dan lingkungan
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.
PT. Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta. Djamarah, S. B dan Zain, A. 1996.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Kasihani Kasbolah. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Dikti. Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Ramadhan A, dkk, 2013. Pedoman penulisan karya ilmiah dan artikel ilmiah FKIP Untad, Palu: FKIP Untad.
Sudjana, N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suriamiharja Agus, M.Pd, dkk (1996/1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Djago, Drs (1996). Membina Keterampilan Menulis Pengembangannya. Bandung: Angkasa
Authors
Copyright (c) 2025 Riska Puti Wahyu, Rona Nadila, Ratmiati Ratmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.